Minggu, 16 Mei 2010

Berita: MTs Ma'arif Patikraja

Berkembang dalam Keterbatasan

MTS MA'ARIF PATIKRAJA
Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Patikraja demikian nama sekolah setingkat SMP milik Yayasan Ma’arif, sebuah yayasan milik Nahdlatul Ulama tingkat kecamatan (MWC NU) Patikraja, satu kecamatan di selatan kota Purwokerto yang sampai saat ini masih eksis dan terus berkembang dan berjuang mencerdaskan anak bangsa meskipun dalam banyak keterbatasan. MTs ini telah meluluskan begitu banyak anak didiknya yang sebagian besar didominasi anak-anak warga nahdliyin di wilayah kecamatan Patikraja, Rawalo dan Kebasen. Dalam perkembangannya sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Kedungrandu-Patikraja ini mendidik murid tidak hanya anak-anak warga Nahdliyin saja, tetapi semua masyarakat yang peduli dengan pendidikan agama disamping pendidikan umum,banyak yang mempercayakan anaknya untuk dididik dan belajar disini, tak terhitung alumni sini yang telah sukses menapaki hidup (berhasil dalam kehidupan duniawi), beragam profesi telah dihasilkannya, Guru, TNI/POLRI, Pejabat di Pemerintahan, Anggota DPR, Pengusaha dan masih banyak lagi, dalam urusan agama, alumni MTs Ma'arif Patikraja banyak menghasikan orang yang telah berperan di masyarakat, Kyai-kyai, hafidz-hafidzah, ustadz-ustadz dan sebagainya.
Setelah sempat berpindah tempat beberapa kali akhirnya MTs Ma’arif Patikraja sekarang telah memiliki tempat dan gedung permanen dua lantai sebagai tempat belajar mengajar. Gedung yang berdiri megah di tepi jalan raya menjadikannya sangat strategis dan mudah dijangkau. Tetapi pekerjaan besar dan berat telah menunggu, Pekerjaan besar yang harus dilakukan sekarang adalah kerjasama antara pengurus yayasan, kepala sekolah, dewan guru dan tentunya pemerintah.
Yayasan Ma’arif harus lebih arif dan cermat membaca keadaan, kepala sekolah harus lebih bijak dalam mengambil keputusan, lebih mengutamakan kepentingan sekolah di atas kepentingan individual, guru-guru harus terus meningkatkan wawasan dan kinerjanya, banyak belajar, pemerintah harus mendorong pihak sekolah untuk maju.
Laboratorium IPA yang sudah ada harus ditingkatkan, peralatannya harus dilengkapi, buku-buku di perpustakaan segera ditambah, laboratorium computer diperbaiki, pengeluaran-pengeluaran dan kegiatan yang tidak perlu jangan diadakan, tetapi diganti dengan kegiatan-kegiatan yang menunjang kemajuan anak didik, bimbingan dan les harus diintensifkan (istiqamah;terus menerus), tidak hanya ketika menjelang Ujian Negara saja. Kepala sekolah harus bisa mengelola dan memimpin dengan baik, sehingga output siswa yang dihasilkan tidak mengecewakan.
Kepercayaan orang tua siswa tidak akan terkhianati apabila menyekolahkan anaknya di MTs Ma’arif Patikraja, namun perlu adanya kerjasama dan sikap terbuka menerima kritik dan masukan dari semua pihak, MTs Ma'arif Patikraja sekarang bukan hanya milik warga Nahdliyin saja, atau bahkan milik segelintir pengurus saja, melainkan milik ummat dan untuk melayani ummat,jayalah MTs-ku, buktikan MTs Ma’arif Patikraja lebih maju meski ditengah keterbatasan.
Yogyakarta 17 Mei 2010.
Sulhan_Mumtaz

1 komentar: